cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Madu dan Bahan Alami Lainnya

Posted on

Kondisi kejiwaan atau stress, hormon, makanan serta kebersihan kulit khususnya pada wajah merupakan faktor utama penyebab terjadinya jerawat. Masalah ini biasanya dialami oleh para remaja, namun tidak sedikit yang sudah berusia dewasa tetap mengalaminya. Meski demikian tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami dan aman tanpa efek samping.

  1. Menggunakan madu

Madu, terutama dari jenis manuka sangat diyakini punya kemampuan tinggi menyembuhkan jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya dengan tuntas. Bahan yang sifatnya sangat alami ini memiliki kandungan antibakterial yang sangat mujarab untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Apalagi jika dicampur dengan kayu manis yang sudah dihaluskan, proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat dengan hasil sempurna. Caranya, campur madu dan kayu manis, masing-masing sebanyak tiga dan satu sendok makan. Setelah itu diusapkan pada muka yang terkena jerawat dan didiamkan selama 10 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

  1. Menggunakan cuka sari apel

Selain madu, cuka sari apel juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami tanpa ada efek samping. Bahan tersebut mempunyai kandungan antiseptik yang sangat handal dalam membunuh dan menghilangkan bakteri yang menjadikan jerawat mudah muncul di wajah.

Penggunaannya sangat praktis tinggal mencampurkan cuka sari apel sebanyak dua sendok teh dengan air bersih sebanyak ½ liter. Setelah itu gunakan kapas yang dicelupkan dalam ramuan ini, lalu dioleskan pada wajah dan didiamkan kurang lebih 2 menit. Berikutnya tinggal dibilas dengan air bersih yang hangat.

  1. Menggunakan yoghurt

Yoghurt merupakan minuman yang biasanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, khususnya untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Tapi selain itu yoghurt juga bisa dipakai sebagai penghilang jerawat dan bekas jerawat. Bahkan ini merupakan penyembuh luka alami dan dapat membuat kulit jadi lebih lembab.

Untuk menggunakannya, ambil yoghurt sebanyak satu sendok makan saja kemudian dicampur dengan madu dalam jumlah yang sama. Setelah itu dijadikan masker pada wajah yang sedang berjerawat dan didiamkan selama 10 menit saja. Setelah itu dibersihkan memakai kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.

  1. Menggunakan garam laut

Alternatif atau cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami selanjutnya yaitu menggunakan garam laut. Sebagaimana diketahui, adanya sel kulit yang sudah mati dan sumbatan pada pori-pori kulit juga menjadi pemicu munculnya jerawat pada wajah. Masalah ini dapat diatasi melalui teknik scrub agar proses regenerasi sel kulit bisa berjalan lancar.

Salah satu bahan alami terbaik untuk scrub wajah berjerawat adalah garam laut, namun harus dicampur lebih dulu dengan kulit gabah dan gula merah. Selain itu dapat juga memakai kefir, madu dan minyak kelapa. Kedua jenis ramuan ini bisa melawan pertumbuhan jamur maupun bakteri di kulit.

Teknik penggunaannya, jadikan satu bahan-bahan tersebut dengan komposisi yang sama lalu digosokan dengan perlahan-lahan pada kulit wajah secara memutar. Setelah itu harus segera dibersihkan dengan kain handuk yang dibasahi air hangat.

  1. Menggunakan minyak teh

Dari sekian banyak penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli kesehatan kulit, hasilnya selalu sama. Jerawat selalu memunculkan reaksi kepada melaleuca. Di kalangan awam, bahan ini lebih terkenal dengan sebutan tea tree oil dan di Indonesia disebut minyak pohon teh.

Sejak zaman dulu minyak pohon teh sering dipakai untuk menyembuhkan luka, karena bahan ini memiliki kandungan antiseptik yang sangat tinggi. Selain itu juga sangat bagus digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, karena adanya senyawa benzoil peroksida pada kandungan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang semakin sempurna, campur beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa sebanyak satu sendok makan. Kemudian dioleskan di wajah yang ada jerawatnya dengan hati-hati agar tidak mengenai mulut. Karena jika masuk dalam mulut lalu tertelan, akan memunculkan reaksi yang bersifat racun. Setelah didiamkan selama 10 atau 15 menit, secepatnya dibersihkan dengan kain basah.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami yang dapat dipilih. Meski semuanya dapat mendatangkan hasil yang optimal, tapi harus selalu dibarengi dengan pola makan sehat dan hindari makanan berlemak atau berminyak. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, pikiran harus selalu santai agar tidak mudah stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *