cara menghilangkan komedo dengan uap air hangat

Cara Menghilangkan Komedo dengan Uap Air Hangat & Bahan Alami Lainnya

Posted on

Maksud dari komedo adalah kumpulan lemak atau minyak dan kulit mati pada pori-pori kulit muka atau wajah. Jika dibiarkan terus menerus, timbunan ini tentu saja akan membuat wajah jadi jelek dan kurang sedap dipandang oleh mata. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik dan cara menghilangkan komedo secara jitu dan alami.

Buah stroberi

Meski bukan merupakan buah asli dari Indonesia, namun stroberi merupakan salah satu obat alami yang sangat mujarab untuk mengatasi komedo di wajah. Ambil tiga butir buah stroberi yang sudah matang dan kondisinya masih segar, kemudian dilumat sampai halus.

Setelah itu dapat dicampug dengan madu asli sebanyak satu sendok makan, kemudian segara dioleskan pada kulit wajah secara merata sambil dipijat-pijat ringan. Terakhir, didiamkan saja selama ¼ jam lalu dibersihkan menggunakan air hangat.

Baking soda

Baking soda merupakan bahan untuk membuat masakan khususnya roti. Tetapi selain itu juga dapat dijadikan ramuan dan cara menghilangkan komedo dengan aman dan alami. Metode penggunaannya sangat praktis.

Ambil baking soda secukupnya lalu dicampur bersama air bersih dan diaduk-aduk agar dapat membentuk pasta kental. Ramuan ini langsung dioleskan pada area wajah yang paling sering kena komedo seperti dahi, dagu, pelipis, hidung dan area lainnya. Setelah didiamkan selama 5 atau 10 menit, langsung dibilas menggunakan air dingin.

Sereal gandum

Bukan hanya untuk membuat roti dan kue saja, gandum merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengatasi komedo di wajah. Caranya, siapkan gandum dalam bentuk sereal sebanyak 4 sendok makan, kemudian dicampur dengan yoghurt dua sendok makan.

Setelah itu dicampur lagi dengan perasan jeruk lemon sebanyak satu sendok makan dan madu dalam takaran yang sama. Semua bahan tersebut dijadikan satu dan diaduk-aduk hingga mirip pasta, kemudian dikasih sedikit air. Selanjutnya langsung dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 20 menit dan dibersihkan dengan air dingin.

Kacang kedelai

Apabila ingin menemukan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lainnya, dapat memilih kacang kedelai. Bahan untuk membuat masakan khususnya tempat ini kaya dengan kandungan kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B kompleks serta vitamin B.

Selain itu kacang kedelai juga punya sifat antioksidan, sehingga berkhasiat mencegah proses penuaan dini. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, dapat digunakan sebagai masker dengan tujuan menghilangkan komedo sekaligus membuat kulit wajah terlihat makin segar dan cerah.

Ambil kacang kedelai sekitar ½ gelas kemudian direndam dalam air sehari penuh. Setelah itu ditumbuk atau diblender sampai menjadi halus dan tidak boleh diberi tambahan air. Bahan ini kemudian dioleskan ke wajah serta didiamkan selama ½ jam. Lalu yang terakhir dibersihkan menggunakan air hangat.

Campuran kopi dengan gula

Kopi merupakan salah satu jenis bahan minuman yang sangat terkenal dengan kelezatan serta kenikmatannya. Apalagi ketika ditambah dengan gula sebagai pemanisnya. Namun di luar itu ternyata kedua bahan tersebut juga bermanfaat besar untuk membersihkan wajah dari komedo dan kotoran lainnya.

Teknik dan cara menghilangkan komedo dari campuran kopi dengan gula sangatlah mudah. Siapkan lebih dulu kopi bubuk sebanyak 2 sendok makan lalu dicampur 1 sendok makan gula halus atau gula pasir. Setelah itu, dikasih sedikit air dan diaduk-aduk sampai terbentuk pasta.

Gunakan pasta dari campuran kopi dan gula ini dengan cara digosok-gosokan di wajah secara merata seperti saat sedang melakukan scrub. Gerakan scrub harus dilakukan secara kontinyu, minimal 2 menit agar semua sel kulit dan lemak yang menimbulkan komedo dapat terangkat semua. Setelah itu dibilas dengan air dingin.

Menggunakan uap dari air hangat

Selain yang disebutkan di atas masih ada satu teknik jitu lainnya yaitu menggunakan uap dari air hangat. Siapkan air mendidih dan masih panas dalam baskom. Kemudian posisikan kepala agar berada tepat di atas baskom tersebut, sehingga uap airnya dapat mengenai wajah secara langsung dan merata.

Apabila perlu, pakai tutup kepala dari kain atau handuk agar semua uap airnya bisa mengenai wajah. Posisi ini harus dipertahanya terus selama 10 hingga 15 menit, lalu dibilas dengan air dingin. Melalui teknik serta cara menghilangkan komedo dengan air uap seperti ini, segala kotoran dan lemak yang terdapat dalam saluran pori-pori kulit akan keluar semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *