faktor penyebab dan cara menghilangkan bopeng

Fahami Faktor Penyebab & Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Benar

Posted on

Bekas jerawat atau bopeng yang ada di wajah memiliki pengaruh sangat besar terhadap gaya dan penampilan. Khususnya bagi para wanita, tentu bisa mengurangi rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Untuk itu, alangkah baiknya mengetahui teknik maupun cara menghilangkan bopeng bekas jerawat sekaligus faktor yang sering jadi penyebabnya.

Tips Alami Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Dibanding menggunakan sistem modern, jauh lebih bagus menggunakan cara tradisional atau alami untuk membersihkan wajah dari bopeng bekas jerawat. Karena metode seperti ini jauh lebih aman dan tidak ada yang menimbulkan efek samping. Bahkan bahan-bahan yang harus disediakan sangat mudah diperoleh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jagung muda

Jagung muda paling enak disantap dengan cara dibakar atau dibuat sup jagung muda. Namun selain itu, produk pertanian ini ternyata memiliki manfaat besar untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah. Didalamnya sangat kaya dengan kandungan vitamin E yang mampu melancarkan proses regenerasi atau pergantian kulit.

Teknik dan cara menghilangan bopeng bekas jerawat dengan jagung sangat mudah sekali. Haluskan jagung muda dengan cara diparut, lalu dipakai sebagai masker di wajah. Setelah itu tunggu beberapa waktu hingga ramuan tersebut mengering. Kemudian tinggal dibilas dengan air bersih. Langkah ini sebaiknya dilakukan malam hari agar hasilnya makin optimal.

  1. Buah nanas

Sangat lezat disantap karena kesegarannnya, buah nanas juga sangat bagus untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pemunculan bopeng bekas jerawat di wajah. Iris buah nanas yang sudah matang kemudian diblender atau diparut atau ditumbuk agar menjadi halus, lalu dijadikan masker wajah. Sekitar 20 menit berikutnya, dapat dibersihkan memakai air dingin.

  1. Daun sirih

Daun sirih adalah ramuan alami yang memiliki kemampuan tinggi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh dan kulit, termasuk kecantikan. Daun ini juga sering dipilih sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan hasil yang sangat memuaskan.

Petik sekitar 100 lembar daun sirih dari pohonnya, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu langsung dibalurkan pada muka, terutama di bagian yang ada bopeng jerawatnya. Tunggu sampai mengering, kemudian dibersihkan dengan air dingin.

  1. Mentimun

Di Indonesia, biasanya mentimun seringkali dijadikan sebagai teman untuk menyantap sajian ayam goreng dan masakan lainnya sebagai lalapan. Meskipun rasanya tidak manis tetapi buah sayur ini terasa segar dan dingin di mulut. Kelebihan lainnya, mentimun dapat pula dijadikan media untuk membersihkan bopeng bekas jerawat.

Ambil satu butir buah mentimun, kemudian kupas kulitnya dan dihaluskan dengan memakai mesin blender atau ditumbuk dan diparut. Setelah itu dijadikan masker wajah sekitar 30 menit lalu dibilas dengan air dingin.

Penyebab Munculnya Bopeng Bekas Jerawat

Meski terdapat beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat melalui motode aman dan alami, tetapi tetap lebih bagus jika dapat menghindari pemunculan bopeng tersebut. Pada umumny, munculnya bopeng jerawat di muka merupakan akibat dari kesalahan penderitanya sendiri. Tetapi kesalahan tersebut bisa dihindari jika sudah mengetahuinya.

  1. Memencet

Ketika muncul jerawat pada wajahnya baik sadar maupun tidak, banyak yang memencet atau memegang jerawat dengan tangan. Jika tangan tersebut sedang kotor atau tidak bersih, tentu akan menimbulkan dampak berupa infeksi. Selanjutnya, meski sudah sembuh namun jerawat akan meninggalkan bekas atau bopeng.

  1. Tumpukan sel kulit mati

Selain karena pencetan, bopeng bekas jerawat juga sering diakibatkan oleh tumpukan sel-sel kuliat yang sudah mati di wajah. Penyebab utama dari adanya timbunan sel-sel kulit mati ini juga karena kesalahan penderitanya sendiri yaitu malas. Mereka paham cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, namun malas menjaga kebersihan.

Jika jarang apalagi tidak pernah dicuci atau dijaga kebersihannya, maka penampakan wajah akan selalu terlihat kusam, kotor dan tidak segar. Kemudian ketika muncul jerawat, sesudah jerawatnya sembuh akan selalu meninggalkan bekas berupa bopeng.

  1. Bekas luka

Faktor berikutnya yang juga sering menjadi penyebab munculnya bopeng bekas jerawat yaitu bekas luka. Misalnya luka karena cacar, gigitan nyamuk dan sebagainya. Ukuran luka seperti ini memang kecil saja. Namun apabila sering digaruk dan di saat yang bersamaan sedang ada jerawat, pasti jerawatnya nanti akan memunculkan bopeng.

Semoga informasi singkat cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dan penyebabnya ini bisa memberi manfaat untuk semuanya. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *