penyebab haid tidak teratur dan cara mengatasinya

Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya Hingga Tuntas

Posted on

Mengetahui penyebab haid tidak teratur dan cara mengatasinya merupakan suatu urusan selalu melekat pada diri setiap wanita. Karena hanya mereka saja yang mengalaminya apalagi jika masih dalam usia produktif.

Pada umumnya setiap perempuan akan memperoleh haid atau menstruasi antara 11 hingga 13 kali setiap tahun. Namun angka ini bukat merupakan angka mutlak karena pada kenyataannya ada yang mengalami haid kurang dari 11 kali atau sebaliknya justru lebih dari 13 kali.

Selain itu, ada pula yang haidnya tidak teratur. Misalnya dalam jangka waktu tertentu, proses haid atau menstruasinya berjalan setiap 28 hari sekali. Tetapi lain waktu meski belum mencapai 28 hari sudah mendapat haid lagi. Kemudian setelah itu haid akan datang lebih dari 28 hari. Masalah seperti ini bisa terjadi karena ada beberapa penyebab.

Faktor Penyebab Haid Menjadi Tidak Lancar

Ketika baru pertama kali mendapat haid, seorang wanita memang akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan hormon tubuh yang bertugas melalukan pengontrolan terhadap siklus haid belum bisa menjalankan perannya secara seimbang. Kondisi ini biasanya dialami para remaja yang usianya masih belasan tahun.

Selain itu wanita dewasa yang sudah mulai masuk masa menopause atau perimenopause juga akan mengalami hal yang sama. Periode ini biasanya terjadi ketika usia telah mencapai 40-an tahun.

Semua wanita yang sedang mengandung atau menjalani kehamilan juga tidak akan mendapat haid. Namun jika ada wanita yang usianya masih produktif kemudian tidak memperoleh haid, hal ini tidak dapat langsung diartikan bahwa wanita tersebut sedang hamil.

Mereka yang mendapat masalah seperti inilah yang harus mengetahui penyebab haid tidak teratur dan cara mengatasinya sampai tuntas. Penyebab ini sendiri tidak hanya terdiri dari satu faktor saja namun ada beberapa sekaligus.

Diantaranya adalah karena berat tubuh yang terlalu kurus atau sebaliknya terlalu gemuk. Baik itu obesitas maupun kekurangan berat badan, keduanya sama-sama bisa berdampkan terhadap proses atau siklus haid yang tidak lancar.

Penyebab lainnya yaitu karena ada gangguan yang berkaitan dengan makanan seperti bulimia dan anoreksia. Perlu diketahui pula, olahraga memang merupakan suatu kegiatan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Namun jika dilakukan secara berlebihan, juga bisa membuat siklus haid menjadi tidak lancar.

Konsumsi obat-obatan terutama yang berhubungan dengan pengendalian kehamilan juga bisa menimbulkan akibat yang sama. Termasuk juga konsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba dan minuman alkohol.

Tips Mengatasi Haid Yang Tidak Lancar

Para wanita yang mengalami menstruasi tidak lancar harus bisa mempelajari penyebab haid tidak teratur dan cara mengatasinya agar tetap sehat dan tidak ada gangguan di tubuhnya. Terkait dengan hal ini, maka jalan terbaik yang harus ditempuh adalah memeriksakan diri ke rumah sakit atau dokter.

Tapi selain mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, sebaiknya selalu diikuti dengan beberapa tindakan lain agar masalah tidak lancarnya siklus haid dapat diatasi dengan cepat dan tuntas. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pola makan atau diet secara seimbang. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, tubuh yang terlalu gemuk dan terlalu kurus akan membuat menstruasi jadi tidak teratur.

Kemudian khusus untuk mereka yang lebih sering bekerja menggunakan kekuatan fisik atau atlet olahraga, harus selalu dipastikan jika kegiatan tersebut bisa berjalan seimbang. Jika tidak tahu tentang masalah ini ada baiknya konsultasi pada dokter. Tujuannya agar bisa mengetahui kebutuhan hormon yang harus dipenuhi, sehingga tidak akan kekurangan kalsium yang sering jadi penyebab timbulnya kekacauan pada siklus menstruasi.

Setelah memahami penyebab haid tidak lancar dan cara mengatasinya, ada baiknya pula untuk selalu menjaga kesehatan jiwa agar tidak mudah stress. Tekanan jiwa dan stress, sedikit banyak juga berpengaruh besar terhadap gangguan siklus menstruasi.

Selanjutnya apabila ingin mengkonsumsi ramuan tradisional untuk mengatasi haid yang tidak lancar, terdapat beberapa ramuan alami yang bisa dipilih. Diantaranya adalah jahe, jeruk nipis dan wortel serta daun pepaya. Pilih salah satu dari bahan-bahan tersebut kemudian dijadikan minuman, makanan atau jamu.

Semoga info yang berkaitan dengan penyebab haid tidak teratur dan cara mengatasinya ini bisa dipahami oleh siapa saja, khususnya para wanita. Bagaimanapun juga menstruasi atau haid tidak hanya menjadi simbol kebanggaan dan harga diri perempuan. Lebih dari itu, siklus  ini punya hubungan erat dengan tingkat kesuburan dan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *